Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

New HONDA skuter matic : "Spacy"



PT Astra Honda Motor melucurkan skuter matik Spacy, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 4 April 2011. Skuter matik yang menyasar segmen level bawah berdampingan dengan BeAT ini dibandrol Rp11,75 juta dan Rp12,55 juta
Presiden Direktur Astra Honda Yusuke Hori mengatakan, Spacy merupakan produk global yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Dulunya produk ini santer disebut-sebut sebagai Dio. "Saat ini Spacy baru diproduksi di Indonesia dan China," kata dia saat peluncuran. "Spacy akan dijual di Jepang, Eropa, China, dan negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam."
Yusuke mengatakan, peluncuran pertama di Indonesia, karena pasar sepeda motor matik di Indonesia sedang berkembang pesat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir penjulan skuter matik telah melampaui penjualan motor bebek.
Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2006, saat kali pertama Honda masuk pasar matik, penjualan skuter matik hanya 8,3 persen atau 371.116 unit. Dalam kurun empat tahun angka itu melonjak menjadi 3,37 juta pada 200.
Sementara itu, pada kuartal pertama tahun ini, untuk kali pertamanya, pangsa pasar skuter matik bisa menggeser bebek. Pada periode Januari-Maret, kontribusi skuter matik menacapai 49,75 persen dari total penjualan sepeda motor nasional.

Karena alasan ini, Honda terus menambah lini di segmen skuter matik. "Peluncuran Spacy melengkapi salah segmen jajaran skuter matik milik Honda," ujar Yusuke.
Dia mengatakan, di segmen skuter matik premium saat ini Honda memiliki PCX, sedangkan di segmen atas memiliki Vario Techno CBS, Vario Techno, Vario. Di segmen menengah adalah Scoopy. Sedangkan di segmen bawah ditempati BeAT dan Spacy.
Sebenarnya dari sisi mesin tak ada perbedaan antara Spacy dengan BeAT. Mesinnya masih sama, 110 cc, 4 langkah, OHC yang bertenaga 8,54 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,03 Nm pada 6.000 rpm. Honda mengklaim, konsumsi mesin ini 1 liter per 41 kilometer.
Perbedaannya, Spacy yang menyasar rumah tangga baru atau lak-laki dan perempuan dewasa ini termasuk bongsor. Tak seperti BeAT yang menyasar kaum muda.
Spacy menyediakan bagasi sampai 18 liter, yang bisa memuat helm full face. Tak cuma itu, Spacy juga menyediakan tangki bahan bakar hingga lima liter. "Sekali ini BBM, Spacy mampu menjelajah 205 kilometer."
Spesifikasi Honda Spacy Helm In Selengkapnya
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 1.841 x 660 x 1.094 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.256 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 128 mm
  • Berat kosong: 97 kg
  • Tipe rangka: Backbone
  • Suspensi depan: 80/90-14 M/C 40P
  • Suspensi belakang: lengan ayun dan mono shock
  • Rem depan: cakram hidrolik, piston tunggal
  • Rem belakang: tromol
  • Kapasitas tangki bensin: 5 liter
Mesin
  • 4 langkah SOHC
  • Sistem pendingin fan cooling
  • DiameterXlangkah 0x55 mm
  • Volume: 108 cc
  • Rasio kompresi: 9,2:1
  • Daya maksimum 6.28 kW (8,54PS) di 8.000 rpm
  • Torsi maksimum: 8.03 Nm di 6.000 rpm
  • Kapasitas pelumas 0,7 liter
  • Kopling: otomatis, sentrifugal, tipe kering
  • Transmisi: otomatis, V-Matic
  • Starter: pedal dan elektrik
  • Aki: MF baterry, 12 V-3aH
  • Busi : NGK CPR8EA-9 Denso U24EPR9
  • Sistem pengapian: DC-CDI Digital
  • Karburator: VK22 X 1
  • Lampu depan: 30 W X 1
  • Lampu senja: 3.4 W X 1

Sistem penguncian bermagnet dilengkapi tutup otomatis dan fosfor (ilumi), mengurangi resiko pencurian motor dan memudahkan penggunaan di kegelapan.









Berkapasitas 5 liter, terbesar di kelasnya. Perjalanan lebih nyaman







Ruang bagasi berkapasitas total 18 liter. Mampu membawa berbagai jenis barang bawaan sehari-hari termasuk helm full-face sekalipun.

Dirancang secara ergonomis dan lebih luas, menggunakan material berkualitas. Nyaman untuk dikendarai sendiri maupun berboncengan.






Teknologi mesin V-Matic Honda yang telah teruji dan terbukti ketangguhannya, mampu menghasilkan tenaga besar namun tetap irit dan mampu menempuh jarak hingga 41 km/liter (berdasarkan metode tes ECE R40)





Lampu depan otomatis menyala saat mesin dihidupkan dan sesuai dengan regulasi pemerintah.







Pijakan kaki pengendara dengan ruang luas dan permukaan bertekstur, membuat ruang gerak kaki leluasa dan tidak licin.







Desain lampu belakang terpisah dengan lampu sein, bergaya modern dan mengikuti trend saat ini.







Mencegah motor loncat saat dihidupkan, praktis dan nyaman saat berhenti di tanjakan.







Mencegah mesin menyala saat standar samping dalam posisi turun sehingga menghindarkan pengendara dari resiko lupa menaikkan standar samping.








sumber : welovehonda

Facebook Twitter RSS