Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

FIVE MOTIVATION ENGINES (LIMA MESIN SEMANGAT)

When he reached the new world, Cortez burned his ships.As aresult his crew was well motivated.The Hunt for Red October.

Kita sudah sering mendengar, melihat bagaimana sekelompok orang bisa termotivasi untuk  berteriak-teriak lantang bersama seorang mentor, menjanjikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa”Saya bisa’. Kemudian terengah-engah pulang, sangat bersemangat; hanya untuk menyadari bahwa semangatnya menguap tidak lama setelah itu Itulah jenis motivasi yang berbasis penularan dari semangat motivatornya, seperti kapal layar yang bergerak maju karena tiupan angin di belakangnya.
Yang kita butuhkan adalah sebuah kekuatan semangat yang bertahan lama dalam diri sendiri,dan yang bahkan memperkuat dirinya sendiri dengan berjalannya waktu; dengan atau kehadiran motivator.
Lima mesin semangat yang bisa mendorong kapal itu tanpa adanya angin, atau bahkan menentang angin adalah :

 

Rasa takut gagal


Seseorang yang tidak tertarik untuk mencapai keberhasilan, akan berperilaku seperti mengejar keberhasilan bila dia takut mengalami penderitaan karena gagal. Maka mulailah membayangkan ketidak nyamanan dan penderiataan yang harus anda jalani, bila anda tidak berhak untuk berhasil. Semakin jelas gambaran penderitaan itu, semakin mudah Anda menemukan semangat untuk bekerja lebih baik dan lebih keras dari cara-cara Anda kemarin.

Penolakkan menjadi orang biasa


Kecuali bila memang Anda menemukan ketertarikan yang besar untuk menjadi orang biasa, maka mesin ini tidak akan bernilai bagi kapal Anda. Tetapi sebagian besar orang tidak merasa nyaman untuk mengakui bahwa dirinya termasuk dalam kelompok “orang-orang biasa saja”. Dan untuk itu, sebetulnya mereka hanya perlu melakukan hal-hal yang telah dilakukanoleh orang –orang biasa tetapi dengan kualitas yang” luar biasa baiknya”.


Keinginan mencapai kebebasan


Bahkan saudara yang terlemah di antara kita, menginginkan satu atau dua jenis kebebasan tertentu. Perhatikanlah khayalan dan impian-impian Anda, yang sering menjadikan Anda pemimpi dalam kesadaran Anda. Merekalah ungkapan paling jujur mengenai kerinduan Anda pada sebuah kebebasan.
Seberapa kuat kah kerinduan Anda pada kebebasan itu? Bila Anda masih berpegangan kuat pada hal-hal kecil yang tidak penting pada saat ini, dan tidak bergabung dengan kami yang bekerja keras; maka mungkin Anda lebih menyukai batasan-batasan yang mengukung Anda saat ini.

Keinginan untuk naik kelas


Pada tempat-tempat yang tinggi tersedia banyak hal baik yang memungkinkan kita menjadi orang yang bernilai, bebas, sejahtera, dan berpengaruh.Dan bila dalam kualitas-kualitas itu terdapat jawaban bagi impian dan cita-cita Anda, maka ‘naik’ adalah nama dari perjalanan Anda.”Hanya dia yang melihat ke atas yang melihat jalan naik”.

Keinginan untuk menjadi pribadi yang bernilai bagi orang lain


Dia yang mengarahkan hidupnya pada tujuan itu, akan selalu menemukan pekerjaan yang bernilai bagi orang lain, dan yang kemudian membuat pribadinya bernilai. Dan ini adalah jenis mesin motivasi yang terbaik yang bisa kita pasang pada diri kita.

Semakin Anda bekerja keras, semakin Anda bersemangat.
From “Mario Teguh Morning Talk”

Facebook Twitter RSS