Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

TUGAS SOFT SKILL-1 : Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

TUGAS SOFT SKILL - 1
Mata kuliah : Metode Penelitian
Dosen : Bp. M. Okki Hardian
Tanggal : 20 Oktober 2012

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
 
A.                Pengertian Metode Penelitian

Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan, yaitu cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis.

Data yang diperoleh melalui penelitian itu adalah data empiris yang mempunyai criteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti. Data yang telah terkumpul sebelum diketahui validitasnya dapat diuji melalui pengujian reliabelitas dan objektivitas. Pada umumnya kalau data tersebut reliabel dan objektif, maka kecendrungan data tersebut akan valid. Reliabel berkenaan dengan derajad konsistensi data dalam interval waktu tertentu. Sedangakan obyektivitas berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan banyak orang).

Secara umum tujuan penelitian ada tiga, yaitu bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Secara umum, data yang telah diperoleh dari peneliti dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengatasi masalah.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa Metode penelitian pendidikan adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.

 

B.        Jenis-jenis Metode Penelitian

            Jenis-jenis penelitian secara umum dan pendidikan ditunjukan pada gambar dibawah ini. Berdasarkan gambar tersebut jenis penelitian dapat dikelompokan menjadi yaitu:

1.        Berdasarkan Bidang

2.        Berdasarkan Tujuan

3.        Berdasarkan Metode

4.        Berdasarkan Tingkat Eksplanasi

5.        Berdasarkan Waktu

 

C.        Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umunya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

 

D.        Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

            Memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara lebih mendalam maka harus diketahui perbedaannya. Perbedaan antara metode tersebut meliputi perbedaaan tentang aksomia dan karakter penelitian.

Aksioma Dasar
Metode Kuantitatif
Metode Kualitatif
Sifat Realitas
Dapat diklasifikasikan, konkrit, teramati, terukur
Ganda, holistic, dinamis, hasil konstruksi dan pemahaman
Hubungan peneliti dengan yang diteliti
Independen, supaya terbangun obyektivitasnya
Interaksi dengan sumber data supaya memperoleh makna
Hubungan variabel
Sebab akibat (kausal)
Timbale balik/interaktif
Kemungkinan generalisasi
Cenderung membuat generalisasi
Transferability (hanya mungkin dalam ikatan konteks dan waktu)
Peranan nilai
Cenderung bebas nilai
Terikat nilai-nilai yang dibawa peneliti dan sumber data

 

 

Berikut ini perbedaan metode kuantitatif dengan metode kualitatif dilihat dari karakterisitik penelitiannya:


 

E.                 Kapan Metode Kuantitatif dan Kualitatif digunakan

            Antara metode penelitian kuantitaif fan kualitatif tidak perlu dipertentangkan, karena saling melengkapi dan masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini dikemukakan kapan sebaiknya kedua metdoe tersebut digunakan.

1.        Penggunaan Metode Kuantitatif

Seperti dikemukakan bahwa, metode kuatitatif dalam meliputi metode survey dan eksperime. Metode ini digunakan apabila:

a.       Bila masalah yang merupakan titik tolak penelitian sudah jelas

b.      Bila peneliti ingin mendapatkan informasi yang lebih luas dari suatu populasi

c.       Bila ingin diketahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain

d.      Bila peneliti ingin menguji hipotetsis penelitian

e.       Bila peneliti ingin mendapat data yang akurat, berdasarkan fenomena yang empiris dan dapat diukur

f.       Bila ingin menguji terhadap keraguan-keraguan tentang validitas pengetahuan, teori, atau produk tertentu

2.        Penggunaan Metode Kuantitatif

Metode kualitatif digunakan untuk kepentingan yang berbeda bila dibandingkan dengan metode kuantitaif. Berikut ini dikemukakan kapan metode ini digunakan:

a.       Bila masalah penelitian masih belum jelas

b.      Untuk memahami makna dibalik data yang tampak

c.       Untuk memahami interaksi sosial

d.      Memahami perasaan orang

e.       Untuk mengembangkan teori

f.       Untuk memastikan kebenaran data

g.      Meneliti sejarah perkembangan

 

 

 

F.                 Apakah Metode Kuantitatif dan Kualitatif Dapat digabungkan

Setiap metode penelitian memiliki keunggulan dan kekurangan. Oleh karena itu dimana kualitatif dan kuantitatif keberadaannya tidak perlu dipertentangkan, justru saling melengkapi. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat digabungkan dengan catatan berikut:

1.        Dapat digunakan brsama untuk meneliti pada obyek yang sama tetapi tujuan yang berbeda

2.        Digunakan secara bergantian

3.        Metode penelitian tidak dapat digabungkan jika paradigmanya berbeda

4.        Dapat menggunakan metode-metode tersebut secara bersamaan, asal kedua metode tersebut telah dipahami dengan jelas, dan seseorang telah berpengalaman dalam penelitian



 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Prof. Dr. Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF

dan R&D, Alfabeta, Bandung: 2006

Facebook Twitter RSS