Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

Percabangan dan Perulangan pada Pascal

Minggu lalu kita sudah belajar bahasa pascal tentang pendeklarasian dan macam-macam tipe data pada pascal. Minggu ini kita belajar pascal tentang perulangan pada pascal, percabangan pada pascal, procedure dan function dalam pascal. Pada kesempatan ini saya ingin coba menjelaskan tentang perulangan pada pascal dan percabangan pada pascal. Yang pertama saya ingin menjelaskan tentang perulangan pada pascal terlebih dahulu. Berikut saya buat koding perulangan sederhana yang berisi tentang perulanganmulai dari satu sampai dengan lima. Sedikit yang perlu kita ketahui tentang perulangan pada pascal itu ada perulangan FOR yaitu untuk jumlah yang di ingin kan, ada perulangan WHILE...DO yaitu untuk statement terus menerus selama logika nya benar, dan ada REPEAT...UNTIL yaitu untuk statement sampai kondisi UNTIL nya terpenuhi. Namun kali ini saya akan membahas tentang perulangan FOR.



Belajar percabangan pada pascal. Sekilas tentang percabangan pada pascal ada apa saja di dalam percabangan pascal. Mari kita belajar bersama-sama. Percabangan pada pascal ada dua jenis yaitu ada percabangan IF...THEN...ELSE dan percabangan CASE...OF. Percabangan IF biasa nya di gunakan untuk percabangan yang memiliki satu syarat atau kondisi sedangkan untuk percabangan CASE untuk percabangan yang memiliki lebih  dari satu syarat/kondisi. Tapi kedua nya bisa di gunakan hanya yang berbeda di baris program nya. Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan tentang percabangan IF...THEN...ELSE dengan koding yang saya buat yaitu membuat sebuah program yang berisikan tentang penghitungan nilai akhir dari mahasiswa Gundarma yang mempunyai standar kelulusan dengan perhitungan dan perbandingan untuk (UAS * 30 %)+(UTS*70%).




Lebih lengkap nya download aja di sini : 

Facebook Twitter RSS