| Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Dasar Umum | | |
|
|
| |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| | Pendahuluan | | -Pendidikan tinggi mengahasilkan : *Kemampuan Akademik, *Kemampuan Profesi, *Kemampuan Pribadi | | |
| | -ISD bagian dari MKDU adalah hubungan antar manusia dengan lingkungan. | | | | | |
| | -Mata kuliah yang termasuk MKDU di bagi dua : | | | | | | | | |
| | *Mata Kuliah Pancasila; Agama; Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa dan Kewiraan. | | | | |
| | Dengan tujuan agar menjadi warga negara yang baik. | | | | | | | |
| | *Mata kuliah IAD (Ilmu Alamiah Dasar); ISD (Ilmu Sosial Dasar); IBD (Ilmu Budaya Dasar). | | | | |
| | Dengan tujuan meningkatkankepekaan dengan lingkungan Alamiah, Sosial dan Budaya. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
| Pengertian | | -ISD adalah Ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang terdiri dari ilmu-ilmu : | | | |
| | Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Psikologi. | | | | | | |
| | -ISD tidak merupakan ilmu-ilmu sosial yang dipadukan. | | | | | | | |
| | -ISD bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena tidak mempunyai objek dan metode tersendiri. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
| Tujuan | | -Memahami dan menyadari kenyataan dan masalah sosial yang ada di masyarakat. | | | | | |
| | -Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap ikut serta usaha menanggulanginya. | | | | |
| | -Menyadari masalah yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempejarinya. | | |
| | -Memahami jalan pemikiran para ahki dari bidang pengetahuan orang lain dapat berkomunikasi dengan mereka. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
| Persaman ISD | | -Keduanya untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran. | | | | | | |
| dengan IPS | -Keduanya bukam ilmu disiplin yabg verdiri sendiri. | | | | | | | |
| | -Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan dan masalah sosial. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
| Perbedaan ISD | | -ISD di berikandi perguruan tinggi, sedangkan IPS di berikan | | | | | | | |
| dengan IPS | Sekolah Dasar & Sekolah lanjutan. | | | | | | | | | |
| | -ISD merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kelomok dari sejumlah mata pelajaran. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
| Ruang | | ISD terdiri dari 8 pembahasaan yaitu : | | | | | | | | | |
| Lingkup ISD | *Berbagai masalah kependudukan dalam hubungan nya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaa. | | |
| | *Masalah individu, Keluarga dan Mayarkat. | | | | | | | | |
| | *Masalah pemuda sosialisasi. | | | | | | | | | | |
| | *Masalah hubungan antar warga negara dan negara. | | | | | | | |
| | *Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat. | | | | | | | | |
| | *Masalah masyarakat perkotaan dan perdesaan. | | | | | | | | |
| | *Masalah pertentangan sosial dan integrasi. | | | | | | | | |
| | *Pemanfaaatn ilmu pengetahuan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | |
|