Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

Distribusi Probabilitas

Distribusi Probabilitas adalah Suatu gambaran lengkap seluruh event/kejadian yang mungkin dari suatu percobaan, lengkap dengan peluang kejadiannyaSalah satu cara untuk memperkecil kemungkinan tersebut adalah dengan mempelajari pola distribusi probabilitasnya. Distribusi probabilitas teoritis yang sering digunakan dalam fungsi permintaan adalah distribusi normal, distribusi poisson, dan distribusi eksponensial.


Distribusi Normal

suatu distribusi yang digunakan untuk mengetahui probabilitas yang telah diketahui rata-rata dan simpangan bakunya. Perhitungan probabilitas suatu sampel yang diambil, didapat dengan cara melakukan transformasi nilai-nilai pengukuran ke dalam bentuk bakunya. Biasa nya dalam kurvanya berbentuk lonceng dan simteris terhadap rata-rata.


Distribusi Poisson

suatu kejadian yang terjadi secara random dengan kecepatan kedatangan rata-rata tertentu. Anggapan lain adalah distribusi probabilitas dari selang waktu antara kedatangan dengan mengikuti distribusi eksponensial. Selang waktu antar dua kedatangan pelanggan yang berurutan disebut selang waktu kedatangan. Misalnya contoh dalam antrian mobil ke parkiran atau antrian mobil yang masuk kedalam jalan tol. Hal ini merupakan distribusi poisson.

Distribusi Eksponen

suatu distribusi yang menggambarkan interval antara dua kejadian. Biasanya distribusi eksponensial digunakan dalam teori keandalan dan waktu tunggu atau teori antrian. Misalnya contoh pada saat menunggu kedatangan pasien yang rata-ratanya adalah 5 menit tiap pasien nya, waktu 5 menit tiap pasiennya merupakan distribusi eksponen.

Facebook Twitter RSS