Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

Format Audio

Format audio pada umum nya banayak sekali tapi kita masih belum mengerti apa sih itu MP3, AMV, WMV, AMR dan sebagai nya. Berikut saya ingi sekedar sharing arti dari format-format audio yang sering kita temukan :


MP3
adalah MPEG Audio Layer 3 yaitu formay audio yang paling dikenal oleh pengguna ponsel. Sebuah file MP3 mempunyai bitrates dari yang paling rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.

AMR
kepanjangan dari Adaptive multi Rate yaitu jenis audio codec yang sudah terkompresi. Hasil rekaman pada ponsel biasanya berformat AMR. Kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus namun dapat dikonversi menjadi format MP3.

WAV
singkatan dari waveform audio format. WAV merupakan salah satu format audio yang dipergunakan didalam ponsel. Standar format audio ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File dalam format ini biasa nya berukuran besar karena tidak dikompresi.

AAC
merupakan akronim dari Advanced Audio Coding. Kualitas audio musik dalm format ini cukup baik bahkan pata bitrate rendah. iPod pemutar musik digital dari portable apple adalah peranti terkemuka yang mendukung format ini.

MIDI
singkatan dari Musical Instrument Digital Interface yaitu file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan dari synthesizer atau peranti elektronik lain nya tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. Biasa nya di gunakan untuk ringtone ponsel.

WMA
yaitu Windows Media Audio. Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas yang dihasilkan lebih baik dari pada MP3. Namun dalam format ini masih jarang ponsel yang dapat memutar dalam file ini.

3GP
merupakan file video standar yang digunakan pada sebuah handphone atau bisa di sebut hasil rekaman handphone.

MP4
merupakan file video yang sering ditemukan juga di ponsel selain 3GP diatas tadi. Aplikasi handphone yang cocok untuk file ini adalah real one player, pvplayer, smartmovie.


AVI
adalah Audio Video Interlaced merupak file video yang biasa dapat dibuka di handphone dengan menggunakan smartmovie. Kalau di komputer dapat di buka di windows media player.

WMV
merupakan file video yang dapat dibuka pada ponsel yang berbasis windows.

Facebook Twitter RSS