Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

Membuat blog dengan menggunakan Blogspot

Bukan maksud saya untuk menggurui atau mengajari anda semua, saya hanya berniat membantu teman-teman saya yang masih belum paham membuat blog. Karena semester ini kami mendapat mata kuliah soft skill, mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa agar punya blog karena semua tugas dari dosen mata kuliah soft skill ini harus di uploud di blog.

Blog adalah sebuah situs pribadi milik kita yang di dalam nya kita dapat menuangkan tulisa-tulisan, sudah pasti tuilsan ini harus mempunyai manfaat bagi yang membaca nya. Dan saya ingatkan kita menulis di blog harus punya etika dan aturan. Misal kita tidak boleh menulis yang mengandung unsur sara, kita tidak boleh memplagiat hasil tulisan orang lain, dll. Baiklah blog bisa kita buat di beberapa situs yaitu :

  1. www.blogspot.com
  2. www.wordpress.com
  3. www.multiply.com

Mungkin hanya beberapa saya sebutkan di atas masih banyak lagi situs-situs yang bisa untuk membuat blog. Situs yang di atas adalah situs yang bersifat gratis untuk membuat nya kita hanya cukup mendaftar dengan email kita sudah bisa membuat blog. Kali ini saya ingin menjelas kan tentang pembuatan blog dengan menggunakan blogspo atau bisa di sebut dengan blogger.

Langsung saja hal yang pertama kita buat adalah email, anda harus mempunyai email untuk blog anda. Anda bisa memakai email yang anda gunakan bisa dari www.yahoo.com, www.google.com, dan lain-lain.
Setelah kita punya email, kita buka www.blogspot.com untuk dapat membuat blog tersebut. Setelah kita masuk, sekarang kita klik Get started yang berwarna orange.



Setelah di klik maka akan muncul lagi layar seperti di bawah ini. Kemudian anda isi biodata anda. Pastikan anda harus mengisi nya dengan benar dan perlu di ingat alamat email anda dan password anda.



Setelah selesai mengisi data yang di atas lalu pilih lanjutkan. Lalu akan muncul tampilan untuk verivikasi account, maka step ini anda harus memilih negara Indonesia dan masukkan no hp anda (masukan no yang benar) karena nanti sistem akan mengirim sms ke no yang anda masukan. Setelah mendapat pesan dari sistem maka masukan no kode verivikasi anda. 




Langkah selanjut nya yaitu anda harus memberikan nama blog anda.
Step ini adalah step yang paling penting karena pada tahap ini anda harus membuat nama blog anda. Saya saran kan untuk membuat nama blog ini jangan main-main karena nama blog anda lah yang akan muncul di mesin pencari. Hanya sebagai tips, buat lah nama blog anda yang mudah di ingat orang dan familiar di dunia maya (ingat jangan mengandung unsur sara).
Setelah itu kita pilih template yang kita ingin kan.


Mungkin ada step yang kurang jelas, hehe karena saya tidak punya bakat untuk mengajar. Harap maklum kalau ada kesalahan. Mungkin kalau anda mempunyai kesulitab dalam membuat blog bisa hubungi saya. Kalau saya mengerti dan bisa saya akan coba membantu dengan senang hati.

Facebook Twitter RSS