Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

KONDISI BASIC : LA 06 Nov'10

Praktikum kali ini kita membahas tentang perulangan pada QBASIC. Perulangan pada QBASIC di antara nya adalah IF...THEN, IF TEHEN ELSE dan Select Case. Pertama-tama kita membuka QBASIC nya. Untuk memanggil program tersebut, kita menggunakan aplikasi QBASIC bisa kita download di www.softpedia.com. Setelah kita download QBASIC maka kita jalan kan program ini dengan mengklik pada program itu.


Jika sudah keluar seperti layar di atas maka kita sudah bisa membuat aplikasi yang kita ingin kan dengan memasukkan koding/program, dalam kesempatan ini saya ingin sedikit menjelaskan sepengetahuan saya tentang perulangan QBASIC dengan menggunakan IF THEN ELSE. Yaitu saya ingin membuat deretan bilangan matematika dimana nilai X adalah bilangan genap dan nilai Y adalah bilangan ganjil.



Yang pertama, kita buat koding/program seperti di bawah ini. CLS untuk membersihkan layar, DIM A as INTEGER ini berfungsi untuk memberikan penjelasan/memberikan keterangan bahwa variable yang di ijin kan untuk menginput nilai A adalah INTEGER(bilangan bulat). PRINT “Masukkan Bilangan:”; untuk mencetak kata/ungkapan yang kita tulis, INPUT A menjelaskan untuk kalau kita memasukkan nilai A. Harus bilangan bulat karena syarat nya INTEGER, PRINT untuk memberikan jarak saja.



Yang kedua kita buat koding/program seperti di bawah ini, kali ini menggunakan IF THEN ELSE. PRINT “Bilangan Genapnya :”; maksud nya untuk mencetak ungkapan yang kita inginkan  maka akan mencetak Bilangan Genap nya, IF a MOD 2=0 THEN, PRINT a; “adalah bilangan genap” maksud nya jika nilai dari bilangan A itu habis di bagi 2 sisa nya itu nol maka si program akan mencetak bilangan genap. ELSE (yang lain nya, selain di kondisi di atas), PRINt a; bilangan ganjil” maka jika selalin kondisi di atas maka si program akan mencetak bilangan a adalah bilngan ganjil. END IF untuk mengakhiri kondisi, END untuk mengakhiri program.



Setelah kita selesai membuat koding/program maka kita jalan kan program tersebut dengan menekan tombol pada keyboard F5 maka hasin nya akan seperti di bawah ini ;



Kita tinggal masukan angka yang kita ingin kan misal nya kita akan memasukan bilang 20, maka dengan sendiri nya si program tadi akan memberikan hasil keterangan bahwa bilngan 20 itu adalah bilangan genap.


Yang kedua kita buat program IF..ELSE, kali ini kita akan membuat daftar grade mahasiswa dengan koding di bawah ini :


Untuk CLS yaitu untuk membersihkan layar. DIM nama, uts, uas, akhir AS INTEGER itu artinya bahwa variabel nama, uts, uas, akhir tipe data nya harus integer/bilngan bulat. Selanjut nya INPUT “masukkan nama anda:”; nama$, untuk menginput nama kita dan jenis variable nama adalah harus tipe data string. Lalu INPUT masukkan nilai uts:”; uts, maka anda harus menginput nilai uts anda sendiri agar dapat di cetak. INPUT “masukkan nilai uas:”; untuk menginput data nilai uas anda untuk dapat di kerjakan proses selanjut nya. Print, untuk memberikan spasi enter. 


Print “Nilai akhir anda adalah:”; perintah untuk mencetak nilai akhir. Akhir =(<70/100>*uts) + (<30/100*uas), untuk mencetak hasil print, dengan nilai yang ada di operasi bahwa nilai akhir itu di dapat dari 70% dari nilai UTS di jumlah dengan dari UAS 30% maka nanti akan ketemu hasil nya. IF akhir >=90 THEN…PRINT “Grade anda A” maksud nya jika nanti hasil akhir anda itu lebih dari angka 90 maka Grade anda adalah A. ELSEIF akhir >=80 THEN…PRINT “Grade anda adalah B” maksudnya jika nilai yang lain akhir anda lebih dari 80 maka Grade anda adalah B. ELSEIF akhir >=70 THEN…PRINT “Grade anda adalah C” maksudnya jika nilai yang lain akhir anda lebih dari 70 maka Grade anda adalah C. ELSEIF akhir >=60 THEN…PRINT “Grade anda adalah D” maksudnya jika nilai yang lain akhir anda lebih dari 60 maka Grade anda adalah D. ELSE… PRINT a ; “anda gagal grade anda E” maksud nya jika nilai selain di atas maka anda gagal dan grade anda adalah E. END IF untuk menghentikan kondisi, END untuk menghentikan program.


Membuat deretan bilangan ganjil genap sudah, membuat perhitungan grade sudah, kali ini kita kan membuat perhitungan luas dengan beberapa luas yaitu Luas Segitiga, Luas Persegi, dan Luas Persegi Panjang. Yaa di bawah pasti anda sudah paham dan familiar dengan perintah yang ada di bawah ini yaitu cls untuk apa (membersihkan layar), print… untuk apa (mencetak hasil), input untuk apa(untuk memasukan nilai variable). Itu semua sudah kita bahas di atas tadi.


Jika sudah membuat coding diatas maka kita lanjutkan lagi membuat coding seperti di bawah ini. SELECT CASE pil maksud nya kita sedang menggunakan perulangan select case dan kita bisa memilih beberapa kondisi dari beberapa kondisi. CASE 1 maksud nya kita sedang berada di CASE 1. Print “Luas segitiga” kita menecetak Luas segitiga, INPUT “masukkan alas”; alas maksud nya kita akan memasukkan nilai alas dan nilai alas itu harus type data nya INTEGER. INPUT “Masukkan tingggi” ; tinnggi maksud nya sama kita harus menginput tinggi yang kita mau dan type data nya harus INTEGER, PRINT hanya untuk memberikan spasi enter, luas =alas*tinggi/2 maksud nya ini adalah bahwa nilai luas itu terdapat operasi matematika, print “Luas segitiga =”; luas maksud nya nanti si program akan membaca bahwa nilai dai luas segitiga itu adalah variable luas dengan type data INTEGER. CASE krdua itu untuk menghitung luas persegi dan yang ketiga menghitung luas persegi panjang. Dan selanjut langkah dan maksud nya sama seperti di atas, hanya yang membedakan adalah perhitungan luas nya saja, semua dan fungsi nya itu sama. Kemudian ENS select untuk mengakhiri kondisi dan END untuk mengakhiri program.


Hasil contoh perhitungan luas segitiga.




☺☺Selamat Mencoba☺☺

Facebook Twitter RSS