Lukman.NET

Sebuah blog perjalanan seorang pemuda.

Jangan remehkan teknik industri

Banyak masyarakat di luar sana yang masih bertanya-tanya tentang teknik industri, di antara nya :


Apa sih bagus nya teknik industri?


Nanti kalau sudah lulus kerja nya apa sih?


Terus di butuhkan sama dunia kerja ga sih?




Masih banyak pertanyaan masyarakat di luar sana yang tidak mengetahui tentang teknik industri. Seperti artikel saya sebelumnya yang menjelaskan pengertian industri, Maka dari itu saya disini ingin sedikit sharing saja tentang prospek atau hal apa saja yang dapat di kerjakan oleh para teknik industri.
Seorang teknik industri itu adalah seorang yang mempunyai skill antara ilmu engineer dengan ilmu manajemen, sehingga skill ini lah yang sangat di butuhkan oleh pasar kerja sekarang. Karena seorang Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, instalasi, memprediksi dan mengevaluasi dari sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan energi.


Merancang
Teknik industri lah yang merupakan merancang suatu proses produksi agar produksi berjalan sesuai yang di harapkan perusahaan.
Meningkatkan
Jika sebuah perusahaan ingin meningkatkan produktifitas nya, maka seorang yang mampu berfikir manajemen lah yang di butuhkan perusahaan. Agar dapat memecahkan permasalahan yang ada di dalam nya. Teknik industri sudah di bekali dengan teknik manajemen sehingga mereka dapat menganalisa suatu masalah tersebut.
Menginstalasi
Dalam suatu proses produksi pasti ada sistem yang mengatur jalan nya produksi agar produksi berjalan sesuai yang kita inginkan. Disini lah peran penting seorang teknik industri yaitu mereka membuat sebuah sistem dan menginstal nya di dalam suatu perusahaan agar proses produksi menjadi Efektif, Efisien dan Produktif.
Meprediksi
Setelah kita membuat suatu sisitem tadi, maka kita harus bisa memprediksikan tentang sistem yang kita buat tadi. Bagaimana cara kerja nya, bagaimana efek nya dan apa manfaat nya. Hal ini harus dilakukan dengan beberapa pengujian jangan hanya berdasarkan perkiraan.
Mengevaluasi
Setelah kita membuat, memprediksikan maka saat nya kita mengevaluasi hal yang kita buat tadi. Agar hal kita buat nanti nya akan menjadi lebih sempurna dan dapat menghasilkan yang lebih baik lagi nanti nya.


Hal di atas lah yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan saat ini.




Refrensi : http://hidayatno.wordpress.com

Facebook Twitter RSS